IMG 8839

Dengan semangat perubahan untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan melalui pembangunan Zona Integritas (ZI) serta implementasi e-Litigasi menuju peradilan modern berbasis teknologi informasi, PTA Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan Rapat Kerja Daerah Tahun 2020 hari Rabu a/d Jum’at tanggal 05 s/d 07 Februari 2020.

Rapat Kerja Daerah Tahun 2020 dibuka langsung oleh Drs. M. Taufiq H.Z.,M.HI - Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat dan didampingi oleh Dr. H. Empud Mahpuddin, S.H.,M.H (Waki Ketua), Drs. Agus Zainal Mutaqien, S.H.,M.H (Panitera), Drs. H. Ach Jufri, S.H.,M.H (Sekretaris) serta Drs. Moh. Syar’i Effendy, S.H (Ketua Panitia Pelaksana)

IMG 8849

Dalam laporannya Drs. Moh. Syar’i Effendy, S.H selaku Ketua Panitia Pelaksana menyampaikan bahwa kegiatan Rakerda Tahun 2020 diselenggarakan berdasarkan Surat Keputusan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat Nomor : W10-A/5371/KP.04.6/XII/2019 tanggal 27 Desember 2019 tentang Penyelenggaraan Rapat Kerja Daerah Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat dan Pengadilan Agama se-Wilayah Jawa Barat Tahun 2020 yang diikuti oleh Para Hakim Tinggi, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional PTA Jawa Barat serta Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama se-Wilayah Jawa Barat yang seluruhnya berjumlah 133 orang. Adapun biaya pelaksanaan kegiatan dibebankan kepada DIPA PTA Jawa Barat dan DIPA Pengadilan Agama se-Wilayah Jawa Barat Tahun Anggaran 2020.

IMG 8861

Dalam sambutannya Ketua PTA Jawa Barat menyampiakan bahwa kegiatan Rakerda Tahun 2020 ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan pandangan mengenai arah kebijakan PTA Jawa Barat Tahun 2020 dengan seluruh Pengadilan Agama se-Wilayah Jawa Barat dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, serta menyiapkan langkah strategis untuk mewujudkan program prioritas Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI maupun untuk mengatasi berbagai permasalahan dan hambatan yang ditemukan guna meningkatkan kinerja Pengadilan Agama dalam memberikan pelayanan hukum dan keadilan.

Lebih lengkap arah kebijakan PTA Jawa Barat Tahun 2020 Klik Disini

IMG 8944

Disela acara pembukaan Rapat Kerja Daerah Tahun 2020 dilaksanakan pula pemberian penghargaan kepada Pengadilan Agama yang berprestasi selama Tahun 2019 serta penandanganan Perjanjian Kinerja Tahunan (PKT) Tahun 2020 antara Ketua Pengadilan se-wilayah Jawa Barat dengan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat.

IMG 8919

IMG 8954

 

Setelah membuka kegiatan, Ketua PTA Jawa Barat memaparkan arah kebijakan PTA Jawa Barat Tahun 2020 dalam bidang Manajemen Perkara dan Bidang Kesekretariatan dan memberikan instruksi kepada Pengadilan Agama se-wilayah Jawa Barat agar :

*  Program kerja Tahun 2020 harus merujuk kepada PK, hasil Rakerda dan kebijakan pimpinan lainnya.

 

*  Setiap rencana kerja harus dievaluasi minimal pertriwulan dan dilaporkan ke PTA

 

* Setiap pimpinan diwajibkan membuka Web Ma, Badilag dan PTA serta email satker untuk merespon semua kebijakan

 

* Apabila menemui kendala dalam melaksanakan tugas, konsultasi dengan pimpinan PTA.

IMG 9034

Kegiatan hari pertama tanggal 05 Februari 2020 dilanjutkan dengan Evaluasi Kinerja Tahun 2019 yang disampaikan oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat didampingi oleh Panitera dan Sekretaris yang menyoroti berbagai kekurangan data, kesalahan dan keterlambatan penyampaian data/laporan baik di bidang Kepaniteraan maupun bidang Kesekretariatan dan ditutup dengan kegiatan Sosialisasi Implementasi 9 Aplikasi Badilag oleh Timda PTA Jawa Barat.

Lebih lengkap Evaluasi Kinerja Tahun 2019 Klik Disini

Kegiatan hari kedua tanggal 06 Februari 2020 dilanjutkan dengan penyampaian materi E-Litigasi dan Rogatori oleh Asep Nursobah, S.Ag.,M.H dan Rapat Sidang Komisi yang terbagi dalam 3 (Tiga) Komisi :

 

*   Komisi A : Teknis Yustisial

 

* Komisi B : Administrasi Kepaniteraan

 

*   Komisi C : Administrasi Kesekretariatan

IMG 9211

 

Ditutup dengan Sidang Pleno Akhir yaitu pemaparan hasil rapat setiap komisi dan Tahun penyampaian hasil) pandangan umum dari seluruh peserta Rakerda. Dilanjutkan dengan penyerahan Hasil Keputusan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat dan Pengadilan Agama se-Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat Tahun 2020 dari Dr. Drs. H. Faisol, S.H.,M.H selaku Ketua Panitia Rakeda kepada Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat.


IMG 9299

 

Lebih lengkap Hasil Keputusan Rakerda Tahun 2020 Klik Disini

 

 

 

Kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tahun 2020 ditutup tanggal 07 Februari 2020 pukul 10.00 WIB oleh Dr. Empud Mahpuddin, S.H.,M.H - Wkil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat setelah sebelumnya dilakukan pengukuhan Pengusus Ikatan Paritera Sekretaris Pengadilan Indonesia (IPASPI) Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat Masa Bakti 2020 - 2022.

IMG 9358

 

 

 

 

 

 

 

 

MyLiveChat

Sekilas E-court PTA Jawa Barat