Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat melangsungkan serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia dan Mahkamah Agung. Kegiatan-kegiatan yang diadakan yaitu senam bersama, perlombaan bidang keolahragaan, bidang seni dan hiburan, kegiatan upacara peringatan HUT ke- 74 Republik Indonesia dan Mahkamah Agung serta nonton bersama Launching e-Litigation dan Himne Makahkamah Agung RI.

 

Kegiatan pertama yang dilakukan oleh Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat adalah melangsungkan perlombaan bidang keolahragaan dan seni mulai dari tanggal 12 s.d 16 Agustus 2019. Pada bidang keolahragaan, cabang yang dilombakan yaitu Tenis Lapangan, Tenis Meja Putra dan Putri, Billiard, dan Catur. Kemudian pada bidang seni, diadakan perlombaan menyanyi. Semua kegiatan ini ada yang dilombakan secara beregu dan juga perorangan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat.

Pada tanggal 16 Agustus 2019, Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat mengadakan senam pagi bersama dan perlombaan hiburan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai, Dharmayukti, bahkan siswa-siswa PKL. Seluruh peserta sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini. Pada bidang hiburan, perlombaan terdiri dari perlombaan balap karung, kelereng, makan kerupuk dan memasukan pensil pada botol. Kegiatan ini dipenuhi cenda tawa dari seluruh peserta.

Seluruh pegawai Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat juga melaksanakan Upacara HUT Ke- 74 Republik Indonesia pada Hari Sabtu, 17 Agustus 2019. Upacara berlangsung dengan penuh kekhidmatan. Pada Upacara ini terdapat pemberian tanda penghargaan Satyalancana Karya Satya serta Satya Karya Sewindu dan Dwiwindu. Kemudian setelah upacara selesai, panitia mengumumkan pemenang perlombaan pada setiap bidang. Para pemenang menerima hadiah-hadiah menarik yang telah disiapkan oleh panitia.

Puncak dari rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat dalam memperingati HUT Ke-74 Republik Indonesia dan Mahkamah Agung adalah berlangsungnya Upacara HUT MA dan nonton bersama live streaming peluncuruan e-litigation dan Himne Mahkamah Agung. Pada Upacara peringatan HUT MA, Pembina upacara menyampaikan amanat Ketua Mahkamah Agung yang diantaranya bahwa saat ini semua lembaga yang memberikan layanan public dituntut untuk mampu menangkap perubahan yang terjadi di masyarakat serta mampu memberikan inovasi untuk menyesuaikan dengan perubahan tersebut.

 

Mahkamah Agung sebagai lembaga peradilan terus melakukan inovasi dalam konteks peradilan modern berbasis teknologi informasi. Pada HUT yang ke-73, MA telah merilis e-court, administrasi perkara di pengadilan secara Elektronik. Pada HUT MA ke-74 tahun ini, Mahkamah Agung meluncurkan e-litigasi yang memuat 3 hal utama pengembangan dari e-court yaitu pertukaran dokumen elektronik (Jawaban, Replik, Duplik dan Kesimpulan), pembuktian elektronik dan Penyampaian Putusan secara elektronik. Selain itu, Mahkamah Agung juga meluncurkan Himne Mahkamah Agung ciptaan Adie MS dan Sekretaris MA, Bapak AS Pudjoharsoyo. Himne diciptakan dengan tujuan untuk mendorong semangat seluruh warga peradilan dalam memberikan pelayanan publik dalam era baru serta mempersatukan tekad, semangat dan jiwa seluruh warga peradilan serta menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan warga peradilan terhadap lembaga peradilan.

 

 

MyLiveChat

Sekilas E-court PTA Jawa Barat