jabar default

Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Aplikasi e-Laporan Perkara pada hari Selasa tanggal 30 April 2019, pukul 09.00 WIB. Peserta terdiri dari Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Se-Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat dan juga dihadiri Panitera Pengganti, Panitera Muda Banding, Panitera Muda Hukum, dan Panitera Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat.

Tujuan dari diselenggarakannya kegiatan Bimbingan Teknis ini adalah dalam rangka memberikan pemahaman dan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membuat laporan perkara melalui aplikasi e-Laporan.

Dalam Bimtek ini Panitera Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat (Drs. Agus Zainal Mutaqien, SH, MH) bertindak sebagai pemandu acara sekaligus membuka kegiatan dan memberikan penjelasan bahwa aplikasi e-Laporan bertujuan untuk mengoptimalkan dan mengefisiensi laporan perkara yang selama ini cukup menyita waktu dan berbelit-belit. Pembuatan laporan perkara menggunakan aplikasi e-Laporan yang sudah terintegrasi secara elektronik dengan SIPP sehingga pengiriman laporan perkara ke PTA Jawa Barat tidak perlu lagi menggunakan laporan dalam bentuk hard-copy tetapi sudah menggunakan e-Laporan yang disinkronkan ke server PTA Jawa Barat terhitung sejak laporan perkara bulan April 2019 yang dikirim paling lambat 4 bulan berikutnya.

Dalam kesempatan ini Panitera Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat juga menyinggung tentang retensi Arsip Perkara yang tata caranya dapat dilihat di website PTA Jawa Barat.

Selanjutnya Sdr. Hendra Dwi Prasetya (Tim IT Daerah PTA Jawa Barat) memberikan bimbingan secara teknis tentang tatacara penggunaan aplikasi e-Laporan kepada para peserta dan mengingatkan kepada peserta sebelum memvalidasi perkara di aplikasi e-Laporan harus terlebih dahulu mensinkronkan data 3 kali setiap hari (pagi, siang, malam). Dalam Bimtek ini para peserta juga diberi kesempatan untuk mempraktekan secara langsung aplikasi e-Laporan di depan peserta lainnya.

Di akhir acara dilakukan sesi tanya jawab atau diskusi kepada Panitera PTA Jawa Barat guna memberi kesempatan kepada peserta bertanya mengenai permasalahan yang berkaitan dengan e-Laporan dan permasalahan-permasalahan lain di kepaniteraan yang dihadapi. Kegiatan bimtek aplikasi e-Laporan berakhir pada pukul 16.15 WIB dengan diiringi harapan agar seluruh peserta dapat mengimplementasikan kegiatan ini dengan baik ditempat tugasnya masing-masing.(red)

MyLiveChat

Sekilas E-court PTA Jawa Barat