img1
Bandung, 05-07 Februari 2024, Pengadilan Tinggi Agama Bandung melakukan kegiatan Rapat Koordinasi Daerah Pengadilan Agama Se-Wilayah Jawa Barat di Hotel Novena, Lembang, Kab. Bandung Barat. Acara ini dihadiri oleh YM. KPTA Bandung, YM. Wakil Ketua PTA Bandung, YM. Hakim Tinggi PTA Bandung, seluruh Pegawai PTA Bandung, serta Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama. 
 
Tema Rapat Koordinasi Daerah ini yaitu "Melalui Rakorda Tahun 2024 Kita Wujudkan SDM Berakhlak dan Bertabur Prestasi". Rakorda dibuka oleh YM Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandung Bapak H. R. M. Zaini serta pengalungan kartu peserta secara simbolis kepada 3 orang peserta Rakorda. Acara dilanjutkan dengan pemaparan kegiatan oleh Ketua Organizing Committee (OC) Bapak H. Basuni (penjelasan keuangan, Acara, dan Ruang Komisi) dan pemaparan tata cara kegiatan (penjelasan persoalan Komisi) oleh Ketua Steering Committee (SC) Bapak H. Syamsul Anwar. 
img2
 
Hari ke-1, tanggal 05 Februari 2024. Acara dilanjutkan dengan Pemberian Penghargaan bagi Satuan Kerja yang berprestasi. Penghargaan dengan piagam terbanyak diperoleh Pengadilan Agama Sumber dan Pemberian penghargaan Satuan Kerja dengan Prestasi WBK terbaru ditahun 2023 kepada Pengadilan Agama Cirebon. KPTA Bandung berharap Satuan Kerja mendukung penuh PTA Bandung untuk meraih WBK dan mendorong semua satker Pengadilan Agama se-wilayah Jawa Barat untuk WBK dan WBBM.
img3
Setelah penghargaan Satuan Kerja dengan Kinerja Terbaik dilanjutkan dengan pemaparan penyampaian kebijakan Pengadilan Agama oleh KPTA dan WKPTA Bandung sesuai arahan dan mempedomani Program Prioritas Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia Tahun 2024.
 
Hari Ke-2, tanggal 06 Februari 2024. Acara dilanjutkan dengan Pembagian Komisi, untuk Komisi A (Yudisial), Komisi B (Kepaniteraan), dan Komisi C (Kesekretariatan). Tiap Komisi dikoordinir oleh Ketua Komisi, Sekretaris Komisi, dan Notulis lalu hasil komisi di rapat Pleno dengan berkumpul dengan semua Komisi untuk memaparkan permasalah tiap komisi dan mendapatkan solusi/kesepakatan bersama.
img4
Komisi A (Yudisial) dikoordinir oleh Ketua PA Cianjur dan Ketua PA Cirebon
img5
Komisi B (Kepaniteraan) dikoordinir oleh Ketua PA Bandung dan Ketua PA Kota Tasikmalaya
img6
Komisi C (Kepaniteraan) dikoordinir oleh Ketua PA Sumber dan Ketua PA Bekasi
 
Tiap komisi akan merumuskan kebijakan dari persoalan-persoalan pengadilan agama dan akan ditetapkan di Rapat Pleno yang dikoordinir oleh Ketua PA Cianjur dan Ketua PA Kota Tasikmalaya. Setelah itu hasil Pleno tiap komisi diserahkan dari Ketua PA Cianjur kepada Ketua Steering Committee (SC) Bapak H. Syamsul Anwar, lalu secara simbolis diserahkan lagi oleh Ketua SC kepada KPTA Bandung untuk dirampungkan hasil pleno komisi dan diterbitkan surat keputusan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandung.
img7
Penyerahan Hasil Rumusan Tiap Komisi kepada Ketua Sidang Pleno
 
img8
Penyerahan Hasil Rumusan Tiap Komisi kepada Ketua Steering Committee (SC)
 
img9
Penyerahan Hasil Rumusan Tiap Komisi kepada YM Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandung
 
Acara dilanjutkan dengan pentupan oleh YM Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandung, beliau mengapresiasi seluruh peserta dan panitia yang telah mensukseskan acara Rakoorda Tahun 2024 ini dengan semangat dan tidak lupa beliau berpesan selalu menjaga integritas, prestasi dan kesehatan. Selanjutnya dilanjutkan dengan foto bersama antara Pimpinan PTA Bandung dengan Ketua, Panitera, Sekretaris Pengadilan Agama, serta Panitia Rakorda.
img10
Foto Bersama Pimpinan PTA Bandung dengan Ketua Pengadilan Agama Se-Jawa Barat
 
img13
Foto Bersama Pimpinan PTA Bandung dengan Panitera Pengadilan Agama Se-Jawa Barat
 
img12
Foto Bersama Pimpinan PTA Bandung dengan Sekretaris Pengadilan Agama Se-Jawa Barat
 
img11
Foto Bersama Pimpinan PTA Bandung dengan Panitia
 
Dokumentasi dan Materi : disini