img1

Kegiatan Pembinaan Mental dibuka oleh Sekretaris PTA Bandung, Bapak Muhammad Taufiqqurahman, S.Ag., M.H. selaku moderator pada pukul 08.20 bertempat di Aula PTA Bandung. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi pembinaan mental oleh YM. H. Drs. H. Jeje Jaenudin, M.S.I., selaku narasumber. Kegiatan ini dihadiri oleh Y.M. Drs. H. R. M. Zaini, S.H., M.H.I. (Ketua PTA Bandung), Y.M. Drs. H. Sahrudin, S.H., M.H.I. (Wakil Ketua PTA Bandung), serta Hakim Tinggi dan Pegawai PTA Bandung.

img2

YM. H. Drs. H. Jeje Jaenudin, M.S.I., memberikan materi yakni “Makna Surat At-Tiin”, yang mana diantaranya sebagai berikut:

Sebagai manusia kita harus banyak bersyukur, dimana disebutkan pada surat At-Tiin ayat ke 4 yang berbunyi “sungguh kami menjadikan manusia sebaik-baik bentuk”, manusia secara fisik dan akal diberi kesempurnaan oleh Allah SWT, maka itu wajiblah sebagai manusia untuk bersyukur. Tapi kesempurnaan itu bisa berbalik derajatnya lebih rendah daripada binatang, apabila tidak dimanfaatkan dengan baik. Sebagai contoh dalam membina rumah tangga perlu ada kesetiaan seperti burung merpati, maka dari itu sebagai manusia yang kedudukannya lebih mulia daripada binatang, seharusnya lebih bisa setia pada pasangan. Jangan menjadi seperti ayam, yang tidak setia dengan pasangannya.

Sebagai manusia yang merupakan makhluk mulia, kita harus belajar kebaikan dari makhluk hidup lainnya.