Pimpinan PTA Bandung 1

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung RI yang ke-78, Plh. Sekretaris Mahkamah Agung mengintruksikan kepada seluruh pengadilan pada empat lingkungan peradilan untuk menyelenggarakan upacara bendera pada hari Sabtu tanggal 19 Agustus 2023 dengan tema “Tingkatkan Integritas Menuju Peradilan Yang Agung”.

2

Pengadilan Tinggi Agama Bandung bergabung bersama enam pengadilan wilayah Bandung yaitu Pengadilan Tinggi Bandung, Pengadilan Agama Bandung, Pengadilan Negeri Bandung, Pengadilan Negeri Bale Bandung, Pengadilan Tata Usaha Negara Bandung, dan Pengadilan Militer II-09 Bandung dalam upacara yang diselenggarakan di Pengadilan Tinggi Bandung, Jl. Cimuncang No. 21D Bandung. Dari Pengadilan Tinggi Agama Bandung yang mengikuti Upacara HUT Mahkamah Agung Republik Indonesia Ke-78 yaitu: Ketua, Wakil Ketua, Hakim Tinggi, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural Fungsional dan beberapa Pegawai serta tamu dari Pengadilan Agama lainnya.

4

Pimpinan PTA Bandung 1

Bertindak sebagai Pembina Upacara yaitu Ketua Pengadilan Tinggi Bandung, Y.M. Dr. H. Herri Swantoro, SH., MH., Dalam amanatnya beliau membacakan sambutan tertulis Ketua Mahkamah Agung RI yang dalam salah satu alineanya untuk membangun kembali kepercayaan public melalui berbagai langkah-langkah kongrit, antara lain dengan meningkatkan sistem pengawasan dan pembinaan bagi seluruh aparatur serta membangun sistem teknologi informasi di bidang administrasi dan teknis perkara sebagai penunjang bagi proses pelayanan publik. Semua itu, dilakukan untuk mendorong peningkatan kualitas pelayanan peradilan serta mempersempit ruang gerak bagi terjadinya penyelewengan dan penyimpangan yang dilakukan oleh aparatur peradilan.

Bersamaan dengan peringatan hari ulang tahun ke-78 ini, pada tanggal 18 Agustus 2023 kemarin, Mahkamah Agung telah meluncurkan 5 aplikasi baru yaitu:

  1. Smart Majelis; yaitu aplikasi robotika berbasis kecerdasan buatan untuk memilih majelis hakim secara otomatis;
  2. Court Live Streaming; yaitu aplikasi yang memungkinkan masyarakat untuk menyaksikan Acara pembacaan amar putusan kasasi dan peninjauan kembali secara langsung;
  3. Satu Jari Ditjen Badilum; yaitu aplikasi pada Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum untuk melakukan pemantauan kinerja pengadilan di seluruh Indonesia secara terintegrasi;
  4. Lentera versi 2.0; yaitu aplikasi yang berfungsi untuk mengelola proses promosi dan mutasi hakim di lingkungan peradilan umum;
  5. E- IPLANS; yaitu aplikasi untuk melakukan perencanaan anggaran, pengelolaan hibah dan pengelolaan organisasi secara berjenjang dari satuan kerja tingkat pertama, hingga di Mahkamah Agung.

Sebelum mengakhiri sambutan ini, KMA ingin menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para hakim dan aparatur peradilan di seluruh pelosok Nusantara yang telah bekerja dengan ikhlas dan sepenuh hati untuk menegakkan keadilan dalam situasi dan kondisi apapun. Tetaplah istiqomah, karena semakin berat ujian yang dilalui, akan membuat kita menjadi semakin kuat. Akhirnya, marilah kita sama-sama berdoa semoga Allah SWT/Tuhan YME senantiasa memberikan perlindungan dan keselamatan bagi kita semua. Aamiin Ya Robbal Alamin.

Acara dilanjutkan dengan Foto bersama antar satker dan potong tumpeng dan makan bersama dengan ketua / kepala peradilan dari 6 pengadilan di wilayah Jawa Barat.

8

13

 

“Dirgahayu ke-78 Mahkamah Agung Republik Indonesia, Mari Kita Bersama Tingkatkan Integritas Menuju Badan Peradilan Indonesia Yang Agung.”

 

Foto : Ariadi Syukur dan Luthfi

Dokumentasi