1

Diskusi dimulai pada pukul 09.15 WIB dibuka oleh Ketua Kamar Agama MA Prof. Dr. Amran Suadi melalui Zoom Meeting yang berlokasi di Kementerian PPN/Bappenas

2

Pembicara pertama yaitu R.M. Dewo Broto Joko P, S.H, LL.M, Direktur Hukum dan Regulasi Kementerian PPN/Bappenas, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pelaksanaan putusan pengadilan merupakan salah satu indikator tingkat efektivitas penegakan hukum, baik dalam perkara pidana, perdata dan ekonomi. Direktorat Hukum dan Regulasi Kementerian PPN/Bappenas didukung oleh Australia-Indonesia Partnership for Justice 2 (AIPJ2) telah terlibat dalam dialog pertukaran informasi antara Australia, Indonesia dan negara lain seperti Malaysia mengenai perlindungan hak perempuan dan anak dalam perkara perceraian. Pada bulan Juli 2022, Kementerian PPN/Bappenas terlibat dalam Dialog Yudisial antara FCFCOA dan Mahkamah Agung Indonesia (MA-RI) dan Federal Circuit and Family Court of Australia (FCFCOA) yang juga mengundang Mahkamah Syari’ah Malaysia dan Child Support Agency Australia, yaitu pada Panel 1: Penghitungan dan Pendistribusian Nafkah Istri dan Anak dalam Perkara Perceraian: Praktek di Indonesia, Malaysia dan Australia.

Dialog Yudisial ini diikuti dengan Kunjungan Kerja delegasi MA-RI dan Pemerintah RI ke FCFCOA pada bulan Oktober 2022 ke FCFCOA Paramatta dimana delegasi yang terdiri dari Mahkamah Agung, Kementerian PPN/Bappenas (Direktorat Hukum dan Regulasi dan Direktorat Keluarga, Perempuan, Anak, Pemuda dan Olahraga), Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) dan Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) mendiskusikan pengalaman Australia dalam mereformasi system dukungan keluarga setelah perceraian sehingga pengasuhan anak dan pemeliharaan pasangan dapat dilaksanakan secara efektif bagi perempuan dan anak mengenai tunjangan anak adalah untuk memenuhi tanggungjawab orangtua terhadap anak sebagai bantuan finansial untuk pengasuhan anak. Tunjangan anak berbeda dengan konsep perawatan anak. Tujuannya sama tapi mekanismenya berbeda. Pengadilan akan mengeluarkan perintah untuk mengeluarkan tunjangan anak, dan ada admnistrasinya. Tanggungjawab untuk mengasuh anak adalah tanggungjawab orangtua, tetapi juga ada tanggungjawab pemerintah. Tunjangan anak memajukan tujuan ekonomi nasional.

3

SESI 1
Materi: Siapa yang membayar tunjangan/nafkah anak?
Bagaimana sistem pemberian tunjangan anak di Australia yang bekerja saat ini? Orangtua atau pengasuh anak yang terpisah dapat mengajukan permohonan ke Child Support Agency (CSA) untuk asesmen/penilaian tunjangan anak. CSA menggunakan catatan pajak masa lalu untuk mengeluarkan asesmen/penilaian tunjangan anak yang menetapkan jumlah yang harus dibayar. Dampak langsung dari skema Tunjangan Anak di Australia sangat besar, yaitu beban keuangan pada pemerintah berkurang. Ibu yang menerima tunjangan anak 2x lebih mungkin berada diatas garis kemiskinan daripada mereka yang tidak menerima tunjangan anak.
PTA Bengkulu membuat sebuah aplikasi yang Bernama E-Mosi Caper (Elektronik-Monitoring Eksekusi Pembiayaan Hak Perempuan dan Anak Pasca Perceraian). Bertujuan untuk memastikan pemenuhan hak anak dan istri pasca perceraian. Aplikasi ini bekerjasama dengan Bank Bengkulu dan Disdukcapil. Tetapi terdapat beberapa kendala yang masih dialami dalam penggunaan Aplikasi ini. Pertama, Pengguna E-Mosi Caper sebatas ASN Pemprov Bengkulu dan Pengadilan Agama Se-Provinsi Bengkulu. Kedua, Perempuan yang mantan suaminya bukan kewenangan E-Mosi Caper harus kecewa karna kasusnya belum dapat diselesaikan. Ketiga, masih kurangnya komitmen para pihak dalam melaksanakan E-Mosi Caper, hal ini karena para pihak termasuk PTA Bengkulu masih memeiliki tugas fungsi lain. Keempat, sulitnya mencari data mantan istri untuk perkara lampau. Pada PA Surabaya terdapat ketentuan, apabila pria tidak memenuhi kewajiban kepada anak dan mantan istri maka akan dipersulit dalam hal mengakses perijinan.

SESI 2
Materi: Penghitungan Tunjangan Anak
Sistem tradisional mengharuskan hakim untuk memutuskan berapa banyak tunjangan anak. Hakim adalah sumber daya mahal yang harus disediakan untuk keputusan penting. Perintah pengadilan sulit diubah karena peran kunci Pengadilan adalah untuk mengakhiri perselisihan, sedangkan tunjangan anak sering perlu diperbarui dengan perubahan pendapatan, inflasi, pengaturan perawatan, dll.

Departemen administrasi menyediakan sistem yang fleksibel untuk menangani jutaan kasus rutin. Adapun sebelum memutuskan, Hakim wajib memperhitungkan pendapatan orang tua serta biaya hidup anak tersebut.
Formula pertama Australia adalah formula "bagi pembagian pendapatan". Orang tua yang membayar tunjangan anak diberikan alokasi berupa sejumlah “biaya untuk dirinya sendiri" dari mana untuk bagian tersebut tidak digunakan untuk membayar tunjangan anak. Kemudian persentase bagian (18-36%) dari sisa pendapatan tersebut dibayarkan untuk tunjangan anak. Jika wali/yang memelihara si anak memperoleh penghasilan di atas rata-rata penghasilan mingguan, maka rumusnya disesuaikan untuk memperhitungkan pendapatan wali tersebut.
Proses administrasi dan proses peninjauan pengadilan memungkinkan penyesuaian jumlah, umumnya: untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus, biaya sekolah swasta, orang tua dengan kapasitas penghasilan lebih besar daripada mereka lakukan/tunjukkan, orang tua dengan aset signifikan yang berpenghasilan rendah, dll. Inflasi dapat dengan cepat mengurangi nilai penilaian tunjangan anak dan sangat meningkatkan biaya anak. Penilaian formula dapat dengan mudah ditingkatkan dengan factor inflasi setiap tahun.

SESI 3
Materi: Mengumpulkan dan Membayar Tunjangan Anak
Orang yang merawat anak menerima pembayaran tunjangan anak karena mereka menanggung biaya anak. Terkadang yang mengasuh anak bukan orang tua sehingga mereka mendapatkan (menerima pembayaran) tunjangan anak dari kedua orang tua (jika mereka berdua memiliki kapasitas untuk membayar). Solusi Praktis untuk Penegakan Hukum. Solusi praktis untuk masalah penegakan hukum adalah lembaga pemerintah untuk menegakkannya.
Cara menyiapkan penegakan Child Support Agency di Australia:
1. Proses pendaftaran diperlukan untuk memberikan rincian para pihak kepada agensi
2. Jika bukan penilaian administratif, agensi memerlukan salinan perintah pengadilan
3. Mengesahkan undang-undang sehingga tindakan pendaftaran membuat tunjangan anak dibayarkan kepada CSA (seperti anjak piutang komersial)
4. CSA kemudian dapat menegakkan utang seperti kreditor lainnya.

4

Proses untuk Pengumpulan:
1. Pembayaran dilakukan kepada Child Support Agency, atau dipulihkan oleh CSA sebagai hutang yang harus dibayar oleh orang tua yang membayar.
2. CSA kemudian melakukan pembayaran kepada orang tua dengan perawatan anak-anak.
3. Di Australia, CSA tidak memungut biaya untuk mengelola uang tunjangan anak, tetapi jika pembayaran dilakukan terlambat, agensi mengenakan penalti suku bunga yang dipertahankannya.
4. CSA juga dapat memberi tahu departemen jaminan sosial tentang berapa banyak uang yang telah dibayarkan (atau membayar melalui departemen jaminan sosial) sehingga penyesuaian dapat dilakukan untuk jaminan sosial.

Manfaat Langsung dari Penegakan Agensi:
1. Karyawan Child Support Agency menjadi ahli dalam penagihan utang - lebih baik daripada kebanyakan ibu dalam memulihkan uang
2. Karyawan CSA tidak dapat diganggu atau diintimidasi untuk melupakan hutang
3. Setelah tunjangan anak adalah hutang kepada CSA, undang-undang dapat disahkan sehingga tidak pernah kedaluwarsa - ini berarti bahwa Tindakan menghindari membayar tunjangan anak adalah sia-sia
4. Undang-undang dapat mengenakan denda keterlambatan pembayaran (suku bunga tinggi) yang dapat dipertahankan CSA untuk membantu mendanai lembaga tersebut
5. Ketika pembayar tahu CSA akan mengejar

Wali/Orang yang Merawat Anak yang Menerima Pembayaran Tunjangan Anak:
1. Ada dua model pembayaran
a. Pembayaran setelah diterima oleh agen (transfer uang dikumpulkan)
b. Pembayaran tunjangan anak segera dan meninggalkan agen untuk mengambilnya
2. Pembayaran sebelum pengumpulan lebih baik untuk anak-anak, tetapi sangat mahal untuk pemerintah
3. Australia menggunakan model pembayaran setelah pengumpulan
4. Pembayaran dilakukan secara kredit ke rekening bank wali/orang yang merawat anak
5. Di mana jaminan sosial terlibat, pembayaran dapat melalui departemen jaminan sosial untuk memastikan penyesuaian dilakukan terhadap jaminan sosial
6. Setelah pembayar menerima bahwa mereka harus membayar, CSA dapat mulai memindahkan banyak pembayar ke pembayaran langsung pribadi, mengurangi biaya menjalankan CSA

1

Editor : Sabrina Vanissa Rizki Hilaihi S.H., M.Kn & Cindy Shafira S.H.

Foto : Ardi Pratama Riyadi, S.T.