1

Kegiatan Pembinaan Mental dibuka oleh Sekretaris PTA Bandung, Bapak Muhammad Taufiqqurahman, S.Ag., M.H. selaku moderator pada pukul 08.15 bertempat di Aula PTA Bandung. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi pembinaan mental oleh YM. Drs. H. Muslim, S.H., M.H., selaku narasumber. 

2

Adapun tema pembinaan mental yang diampaikan yakni “Mensyukuri Nikmat Waktu”. Sebagaimana yang termuat dalam QS. AI ‘Ashr [103]:1-3: “Demi waktu, sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan saling nasehat-menasehati dalam menetapi kebenaran dan nasehat-menasehati dalam menetapi kesabaran.” (QS. AI ‘Ashr [103]:1-3). Betapa pentingnya waktu hingga Allah Swt. bersumpah dalam AI Quran, “Wal ‘Ashri (Demi waktu)”, “Wadh Dhuha (Demi waktu dhuha)”, “Wal Lail (Demi waktu malam)”. Waktu adalah modal yang sangat besar untuk hidup kita. Setiap orang di dunia ini mendapatkan modal waktu yang sama. Waktu tidak kekal, ada masanya dan ada batasnya. Maka dari itu kita wajib mensyukuri pentingnya waktu yang Allah SWT. berikan kepada kita.

3

Setiap manusia dalam keadaan merugi kecuali orang-orang yang beriman dan berwasiat kepada kebenaran. Orang yang memanfaatkan waktu sebaik mungkin akan beruntung baik di dunia maupun di akhirat. Kerugian orang-orang yang lalai akan semakin bertambah karena waktu yang telah ia lewati tidak akan pernah kembali. Orang yang beruntung akan sangat bersyukur dan orang yang rugi akan sangat menyesal. Sedangkan penyesalan tak akan mengubah keadaan.
Mari kita renungi waktu saat ini dan yang akan datang dengan mengkuatkan tekad bahwa kita akan mengisinya dengan hal-hal yang akan semakin mendekatkan diri kita kepada Allah Swt. Semoga kita tergolong orang-orang yang beruntung di dunia, juga di akhirat. Amiin ya Rabbal ‘Alamin.
Selanjutnya, kegiatan ditutup dengan kesimpulan pembinaan mental ini yang disampaikan oleh Sekretaris PTA Bandung yakni, mensyukuri pentingnya waktu yang Allah SWT. berikan kepada kita.

Editor : Cindy Shafira S.H.

Foto : Ardi Pratama Riyadi, S.T.