Monitoring dan Evaluasi Pembinaan Zona Integritas Pegawai PTA Bandung di pimpin oleh Wakil Ketua PTA Bandung YM. Drs. H. Sahrudin S.H., M.H.I. dan dibuka pukul 08.45 WIB di Aula Pengadilan Tinggi Agama Bandung.
1. Untuk melakukan pembangunan Zona Integritas harus ada syarat substansi dan administrasi.
2. Setelah 4 tahun mengikuti pembangunan ZI, PTA Bandung belum pernah mendapatkan ZI.
3. Mulai Januari s.d Juni 2023, PTA Bandung tidak konsisten untuk melakukan monev zona integritas.
4. Agar lolos ZI, seluruh pimpinan dan pegawai dapat komitmen melakukan zona integritas, dengan adanya perubahan pegawai yang mutasi masuk dan keluar, komitmen dapat dibuktikan dengan adanya pakta integritas.
5. Jika sudah membangun komitmen dan menandatangani pakta integritas, lakukan pembangunan ZI secara berkelanjutan.
6. Setiap area perlu menunjuk sekretaris area, yang bertugas untuk mengumpulkan dan menginput eviden
7. Monev per area :
a. Manajemen Perubahan (Terwujudnya Perubahan Secara Sistematis Dan Konsisten Mekanisme Kerja, Pola Pikir (Mind Set), Serta Budaya Kerja (Culture Set) Individu Pada Unit Kerja Yang Dibangun, Menjadi Lebih Baik Sesuai Dengan Tujuan Dan Sasaran Pembangunan Zona Integritas)
- SK Tim Kerja perlu dilakukan sesuai dengan mekanisme, yaitu ada Undangan, DH, Notulensi, Poto Kegiatan
- Sekretaris Area 1 yaitu Sidik Widyaksa
- Rencana aksi merupakan acuan untuk melihat kesuksesan pembangunan ZI. Perlu konsisten melaksanakan pembangunan ZI sesuai target waktu dan prioritas yang ada pada rencana aksi.
- Area 1 belum melakukan Sosialisasi Rencana Aksi Pembangunan Zona Integritas.
- Konsisten melakukan monev secara berkala secara triwulan dan harus ditindaklanjuti. Untuk bulan Januari s.d Juni yang belum dilakukan monev perlu dibuat evidennya.
- Role model sudah dibuat SK nya yang terdiri dari Pimpinan.
- Perlu adanya pemilihan Agen Perubahan yang terbaru.
- Buat SK Tim pemilihan Agen Perubahan.
- Terkait mindset, manajemen media perlu diaktifkan dan ditingkatkan, perlu ditunjuk penanggungjawab dimasing-masing social media.
b. Penataan Tata Laksana (Meningkatnya Efisiensi Dan Efektivitas Implementasi Sistem, Proses, Dan Prosedur Kerja Yang Jelas, Efektif, Efisien, Dan Terukur Di Unit Kerja Zi Menuju Wbk/Wbbm)
- Terkait dengan SOP yang menyangkut Core Bussiness belum pernah dilakukan evaluasi karna ada beberapa kegiatan yang ada perubahan regulasi, contoh terkait SOP Keterbukaan Informasi.
- Buat SK Monev SOP.
- Terlaksananya SPBe, untuk mengatur secara terstruktur dan terukur maka setiap kegiatan perlu dibuat SOP, dan supaya SOP berjalan efektif dapat dilaksanakan dengan SPBe.
- PTA Bandung banyak inovasi, tapi untuk di PMPZI nya tidak terakomodir.
- Terkait keterbukaan informasi, sudah ada laporan tindak lanjut pengaduan tiap bulan maupun triwulan.
- Laporan Monev keterbukaan informasi belum dibuat.
c. Manajemen SDM (Meningkatnya Kualitas Implementasi Sistem Manajemen Sdm Dan Terwujudnya Profesionalisme Sdm Aparatur Pada Unit Kerja Zi Menuju Wbk/Wbbm)
- Asesmen untuk melengkapi dokumen ZI sebaiknya perlu diberlakukan kembali.
- Buat SK Pola Mutasi Internal.
- Belum dilakukan reward and punishment di PTA Bandung.
- Hilangkan video kompensasi pimpinan yang menyebutkan akan mendapatkan uang sebesar 2,5juta.
- Sekretaris Area III yaitu Nurmansyah
d. Penguatan Akuntabilitas (Meningkatnya Kapasitas Dan Akuntabilitas Kinerja Unit Kerja)
- SAKIP sudah lengkap
- Terdapat keterlibatan pimpinan pada penyusunan Rencana Kerja
- Teliti lagi perihal Visi Misi PTA Bandung, apakah benar di misi disebutkan kata2 “Badan Peradilan”
- Belum ada rapat monev pkt
- SK Pemberian Reward and Punishment 2023
- Sekretaris Area VI yaitu Putty
e. Penguatan Pengawasan (Terwujudnya Penyelenggaraan Pemerintahan Yang Bersih Dan Bebas KKN Pada Unit Kerja Menuju Wbk/Wbbm)
- Sekretaris Area V yaitu Rustandi
- Sosialisasi SPIP sudah dilaksanakan
- Manajemen Resiko sudah dilaksanakan sesuai SK KMA 475
- Belum dilakukan Monev Pengaduan Masyarakat
- Belum dilaksanakan Sosialisasi WBS Tahun 2023
f. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Meningkatnya Kualitas Dan Inovasi Pelayanan Publik Pada Masing-Masing Instansi Pemerintah Secara Berkala Sesuai Kebutuhan Dan Harapan Masyarakat)
- Sekretaris Area VI yaitu Reza
- SK Standar Layanan perlu dibuat untuk lingkup PTA dan update ke website.
- Perlu dilakukan pelatihan budaya kerja 5R 3S
- Buat jadwal briefing untuk petugas PTSP
g. Perlu dibuat monev pelaksanaan IT
Editor : Desyana Rahma Yustini S.I.A.
Foto : Ardi Pratama Riyadi, S.T.