Seputar Peradilan

PENGADILAN TINGGI AGAMA JAWA BARAT

MENYELENGGARAKAN SOSIALISASI TANGGAP DARURAT BENCANA KEBAKARAN

 

1

Bandung, 20/02/2019, Bertempat di Aula Pengadlan Tinggi Agama Jawa Barat, seluruh Hakim Tinggi dan Pegawai Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat dengan antusias mengikuti Sosialisasi Tanggap Darurat Bencana Kebakaran. Dalam acara yang dipandu oleh Rustandi, S.Ag Kabag Umum dan Keuangan tersebut menghadirkan pembicara Bapak Sugiarto yang akrab disapa Pak DUDE, petugas Dinas Kebakaran Kota Bandung.

Acara tersebut resmi dibuka oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat Drs. H. Mardiana Muzhaffar, SH, MH. Dalam sambutannya beliau menyampaikan betapa pentingnya pegawai memahami dan memiliki keterampilan apa yang harus dilakukan ketika menghadapi darurat bencana kebakaran, karena akibat dari ketidaktahuan dan tidak mengerti apa yang harus dilakukan ketika terjadi musibah kebakaran dihadapi dengan gugup yang akhirnya seharusnya bisa tertanggulangi dengan mudah malah menjadi fatal akibatnya. Dengan demikian beliau meminta kepada seluruh jajaran PTA Jawa Barat agar betul-betul mengikuti kegiatan ini dengan serius dan tuntas sampai pada simulasi.

Dalam paparan materi sosialisasi Dude menyampaikan bahwa materi sosilisasi akan dibagi dalam dua sesi, yaitu teori dan simulasi. Untuk simulasi akan dilaksanakan di halaman kantor PTA Jawa Barat yang akan dipandu oleh kru yang sudah disiapkan.

Dude menyampaikan bahwa untuk kelengkapan tanggap darurat kebakaran gedung harus dilengkapi dengan :

1. Proteksi Aktif, antara lain berupa APAR (Alat Pemadam Api Ringan), Alarm, Metal detektor, dll

2. Proteksi Pasif, antara lain berupa Petunjuk arah, Tangga darurat, Titik kumpul, Tata letak, layak pakai dan mampu menggunakan;

3. Manajemen Keamanan dan Keselamatan gedung, dilengkapi dengan SK Tim, Struktur, Uraian tugas dan Prosedur;

Dalam kesempatan simulasi Tim Damkar yang dipimpin oleh Dude di halaman kantor PTA Jawa Barat melakukan uji coba cara memadamkan kebakaran dengan menggunakan alat pemadam berupa APAR yang dimiliki oleh PTA Jawa Barat, dan hal ini menjadi bagian pengalaman dan pengetahuan yang sangat berharga untuk seluruh pegawai PTA Jawa Barat ketika terjadi bencana kebakaran serupa.

 2    5

Acara sosialisasi dan simulasi tanggap darurat kebakaran diakhiri dengan foto bersama dan ramah tamah bersama Tim Pemadam Kebakaran Kota Bandung. (dok/noer)