Seputar Peradilan

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi atas Pelaksanaan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Akrual Semester I TA 2018 pada Satuan Kerja Mahkamah Agung RI

Korwil Jawa Barat

Bandung, Liputan.pta-bandung.go.id| Mahkamah Agung Republik Indonesia kembali menyelenggarakan Kegiatan Monitoring dan Evaluasi, Asistensi Pelaksanaan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Akrual TA 2018 yang bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat selaku Koordinator Wilayah Jawa Barat, yang berlangsung mulai hari ini 26 November s.d 30 November 2018.

Acara ini dibuka oleh Kepala Bagian Umum dan Keuangan Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat, Rustandi, S.Ag. dan dilanjutkan oleh Kasub Akuntansi dan Pelaporan Wilayah II pada Biro Keuangan Mahkamah Agung RI, Nugroho Urip Widodo.SH.M.Hum. Dalam sambutannya Keduanya, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para operator SAIBA dan SIMAK-BMN atas kerja kerasnya, Mahkamah Agung R.I untuk yang ke 6 (enam) kalinya telah berhasil kembali mendapatkan opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada tanggal 30 Juni 2018 yang lalu. Penghargaan yang didapatkan ini tentunya tidak terlepas dari kerja keras para operator di setiap Satuan Kerja dalam melakukan sinkronnisasi Laporan Keuangannya. Tentunya kerja sama yang sangat baik ini sangat diperlukan dan ditingkatkan lagi pada laporan keuangan semester II TA 2018. Koordinasi di satker perlu di tingkatkan antara Kasir, Bendahara Penerimaan, Bendahara Pengeluaran dan Operator agar Output dan Outcome yang laporkan benar-benar Valid.

261118 1

Dalam acara ini tersebut juga di tekankan hal-hal yanh harus diperhatikan dan dimonitor setiap bulan pada e-Rekon & LK Tahun 2018 antara lain :

  1. Transaksi Dalam Konfirmasi
  2. Rekonsiliasi Internal
  3. Transfer Masuk dan Transfer Keluar
  4. Persediaan / Aset Belum Diregister
  5. Jurnal Tidak Normal
  6. Pagu Minus dan Pengembalian Belanja Minus
  7. Jurnal Tidak Lazim
  8. Daftar BMN

  261118 2

 

Dalam kegiatan tersebut, setiap Satuan Kerja yang diwakili oleh para Operator SAIBA dan SIMAK-BMN melakukan sinkron data dengan tingkat Koordinator Wilayah Walaupun masih terdapat beberapa kendala pada waktu sinkron data, pada umumnya dalam kegiatan ini semuanya berjalan dengan lancar. Pada hari pertama kegiatan ini diikuti oleh 18 Satuan Kerja, dan pada hari kedua dan ketiga masing-masing diikuti oleh 16 Satuan Kerja.