Seputar Peradilan

 

 

KUNJUNGAN AKADEMIK UIN JAKARTA:

Meningkatkan Kompetensi Lulusan Yang Diharapkan Lembaga Pengadilan Agama

 

 

Bandung | www.pta-bandung.go.id

Kamis (15/11) Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat mendapat kunjungan mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebanyak 120 orang. Ketua Prodi, Dr. H. Abdul Halim, M.Ag, menyampaikan maksud kunjungan tersebut adalah untuk melihat secara langsung sistem kerja di pengadilan yang selama ini telah dipelajari di bangku kuliah, serta untuk memperbarui pengetahuan seputar pengadilan agama.

 

 uin 1 horz

Sambutan Dr. H. Abdul Halim, M.Ag. (kiri), Penerimaan dari Drs. H. Mardiana Muzhaffar, S.H., M.H.

 

Acara yang bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat, Jl. Soekarno Hatta No. 714 Bandung ini diterima secara resmi oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat, Drs. H. Mardiana Muzhaffar, S.H, M.H. yang dalam pidato sambutannya, WKPTA mengucapkan terima kasih atas kepercayaan UIN Jakarta telah memilih PTA Jawa Barat sebagai tempat kunjungan.

 

uin 4

Para mahasiswa peserta Kunjungan Akademik UIN Jakarta

 

Dalam acara yang digelar pukul 13.00 tersebut berlangsung pula kuliah umum yang disampaikan oleh Hakim Pengadilan Agama Bandung, Dr. H. Kamaludin. Beliau menyampaikan materi yang berkaitan dengan Undang-Undang No. 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama yaitu mengenai administrasi peradilan, hukum materiil yang berisi tentang perkawinan, ekonomi syariah, harta bersama, waris, dll. Sebagai tambahan beliau memaparkan mengenai kompetensi lulusan yang diharapkan bagi lembaga peradilan agama yaitu harus mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang administrasi peradilan agama, hukum acara perdata/hukum formil, serta hukum materiil yang terkait dengan tugas dan kewenangan pengadilan agama.

Dalam kesempatan tersebut, WKPTA Jawa Barat juga menyampaikan materi yang intinya mengenai kompetensi tenaga peradilan dan teknis berperkara yang manajemennya perlu ditingkatkan. (NK)