Seputar Peradilan

 

 

 

HUT MA-RI KE 73:

ERA BARU PERADILAN MODERN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

 

Bandung | www.pta-bandung.go.id
Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung RI yang ke-73, Sekretaris Mahkamah Agung A.S. Pudjoharsoyo mengintruksikan kepada seluruh pengadilan pada empat lingkungan peradilan untuk menyelenggarakan upacara bendera pada hari Minggu tanggal 19 Agustus 2018 dengan tema “Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi”.


Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat bergabung bersama enam pengadilan wilayah Bandung yaitu Pengadilan Tinggi Jawa Barat, Pengadilan Agama Bandung, Pengadilan Negeri Bandung, Pengadilan Negeri Bale Bandung, Pengadilan Tata Usaha Negara Bandung, dan Pengadilan Militer II-09 Bandung dalam upacara yang diselenggarakan di Pengadilan Tinggi Bandung, Jl. Cimuncang No. 21D Bandung.

HUT MARI ke 73 di Pengadilan Tinggi Jawa Barat


Bertindak sebagai Pembina Upacara yaitu Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat, H. Arwan Biryn, SH., MH. Dalam amanatnya beliau membacakan sambutan tertulis Ketua Mahkamah Agung RI yang dalam salah satu alineanya menyebutkan bahwa tantangan untuk mewujudkan lembaga peradilan yang unggul dengan salah satu parameternya yaitu peradilan yang efektif dan efisien bukanlah pekerjaan yang mudah.


Mahkamah Agung mendorong pemanfaatan teknologi informasi sebagai bagian dari modernisasi lembaga peradilan yang dapat membantu mengatasi segala hambatan dan rintangan demi tercapainya peradilan yang sederhana, cepat, dan biaya ringan. Penerapan teknologi informasi diyakini memberikan keuntungan dari segi kecepatan, konsistensi, ketepatan dan keandalan.

Para peserta upacara dari PTA Jabar


Peringatan hari jadi Mahkamah Agung ke-73 yang bertepatan dengan hari libur ini dilaksanakan dengan nuansa berbeda yaitu dengan menghadirkan suasana olahraga. Para peserta upacara diwajibkan mengenakan pakaian olahraga sebagai bentuk kesadaran bahwa dengan menjalankan aktifitas olahraga, maka tubuh akan menjadi sehat karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat “Mens sana in corpore sano.” Upacara ditutup dengan senam bersama dan pembagian doorprize serta pemotongan tumpeng. (NK)


“Dirgahayu Mahkamah Agung RI yang ke-73 !”